Bupati Berharap TP PKK Ikut Membantu Visi dan Misi Kepala Daerah

Bagikan berita ini

 

Bintuni,sorotpapua.net – Bupati Teluk Bintuni Ir. Petrus Kasihiw,MT berharap Tim Penggerak PKK Kabupaten Teluk Bintuni ikut membantu visi dan misi kepala daerah

“Jadi PKK merupakan suatu organisasi penting dalam mewujudkan visi dan misi Bupati dan Wakil Bupati.Apalagi ibu ibu PKK yang suaminya merupakan pimpinan OPD harus lebih memeprhatikanya”ujar Bupati saat melantik Pengurus TP PKK Teluk Bintuni periode 2021 – 2024 di Gedung sasana Karya(7/6/2022).

“Namun saya juga menyampaikan terima kasih dan apresiasi setinggi-atas terselenggaranya pelantikan TP PKK hari ini”

Ini merupakan sebuah langkah yang baik demi meningkatkan pelayanan dan pengabdian kepada masyarakat. Semoga dapat menjalankan amanah dengan baik dan bertanggung jawab.

Pemberdayaan keluarga yang tumbuh dari, oleh dan untuk masyarakat menjadi tolak ukur dalam pembangunan, yang perlu mendapatkan prioritas penanganan secara terencana, terpadu, terstruktur, merata dan berkualitas yang bersendikan kearifan lokal melalui gerakan pemberdayaan dan kesejahteraan keluarga.

Yang artinya, pembangunan sumber daya manusia merupakan hal yang utama dalam rencana pembagunan nasional. pembangunan pondasi sumber daya manusia yang kuat dimulai dari pendidik manusia pertama yakni keluarga. oleh karenanya, keluarga yang berdaya dan sejahtera. Dan akan melahirkan gernerasi – generasi bangsa yang unggul dan berkualitas.

Lebih lanjut dijelaskan Bupati,dalam Peraturan Menteri Dalam Negeri nomor 386 tahun 2020, “‘gerakan pemberdayaan dan kesejahteraan keluarga atau biasa di sebut dengan gerakan PKK adalah gerakan dalam pembangunan masyarakat yang tumbuh dari, oleh dan untuk masyarakat, menuju terwujudnya keluarga yang beriman, bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa , berkhlak mulia dan berbudi luhur, sehat sejahtera, maju dan mandiri, kesetaraan dan keadilan gender, serta kesadaran hukum dan lingkungan.

PKK merupakan salah satu lembaga kemasyarakatan desa / kelurahan, yang mewadahi partisipasi masyarakat, dalam bidang pemberdayaan kesejahteraaan keluarga, yang berada di tingkat rukun warga dan rukun tetangga, atau sebutan lain yang mengkoordinasikan kelompok dasawisma.

Gerakan PKK juga dilaksanakan di tingkat Kabupaten. Bupati melalui perangkat daerah yang membidangi pemberdayaan dan pemerintahan desa, melaksanakan  dan mengkoordinasikan gerakan PKK di wilayahnya. Bupati dalam menyelenggarakan gerakan PKK membentuk TP PKK Kabupaten, dan susunan kepengurusannya ditetapkan.

Banyak yang bisa dilakukan berdasarkan 10 program pokok PKK dalam situasi pandemi ini, diantaranya sosialiasi 5 M, Germas, dan Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS), penguatan pendidikan karakter / sosialisasi pola asuh anak, melaksanakan upaya untuk menambah pendapatan keluarga, serta pemanfaatan halaman rumah dengan penanaman tanaman sayur-sayuran dan membuat apotik hidup.

Visi gerakan PKK adalah terwujudnya keluarga sejahtera untuk menuju masyarakat madani, yaitu masyarakat yang maju, mandiri, demokratif, partisipatif, dan sadar hukum. dengan visi tersebut, setiap keluarga disadarkan akan perannya untuk ikut mewujudkan masyarakat madani.

Dan salah satu upaya untuk mewujudkan visi gerakan pkk adalah dengan pemberdayaan masyarakat. Hal ini tersebut menjadi tugas mulia PKK Kabupaten Teluk Bintuni untuk terus memotivasi, membimbing, dan membina tim penggerak PKK di tingkqt manapun, beserta para kadernya”tegas Bupati(..)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *