Teluk Bintuni Kembali Terima Opini WTP Ke – 9 Kali Dari BPK – RI

Bagikan berita ini

Manokwari,sorotpapua.net – Pemerintah Kabupaten Teluk Bintuni kembali menerima Opini Wajar Tanpa Pengecualian(WT) Laporan Hasil Pemeriksaan(LHP) atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah(LKPD) tahun anggaran 2021 oleh Badan Pemeriksa Keuangan(BPK)Republik Indoensia Perwakilan Provinsi Papua Barat.

Opjni WTP yang diterima oleh Pemkab Teluk Bintuni merupakan yang ke -9 kali .Dan diserahkan langsung oleh Kepala Perwakilan BPK – RI Papua Barat,Muhammad Abidin,SE.Ak,CA,CSFA kepada Bupati Teluk Bintuni,Ir.Petrus Kasihiw,MT di Balai Room BPK RI Perwailan Papua Barat,Selasa(24/5/2022)

Bupati Teluk Bintuni,Ir.Petrus Kasihiw,MT menyampaikan terima kasih karena kembali mendapatkan Opini WTP yang ke – 9 kali atas Hasil Pemeriksaan Keuangan tahun anggaran 2021.

Ini merupakan prestasi dan kerjasama semua OPD,baik itu Bupati,Wakil Bupati dan Sekda.Namun bukan hanya sampai menerima WTP saja tapi masih memiliki tugas untuk bekerja sampai akhir periode kedua nantinya.

“Selain WTP,kita masih memiliki tugas menyelesaikan tindaklanjut dari hasil pemeriksaan BPK.Dan di Papua Barat,Teluk Bintuni bisa melampaui standar BPK yakni 75 persen dari hasil tindaklanjut.Nah,kenapa harus tindaklanjut karena harus dilakukan karena ini merupakan rekomondasi atas hasil pemeriksaan BPK”ujar Bupati.

“Untuk itu ditegaskan Bupati,kalau pihaknya tidak berupaya melakukan tindaklanjut berarti belum maksimal,karena Opini WTP harus dibarengi dengan tindaklanjut”

Tindaklanjut yang dimaksud adalah temuan,karena temuan ada yang bersifat non finansial dan finansial.Jadi kepatuhan kepatuhan,sehingga yang namanya keuangan,harus ada pengembalian pengembalian,dan biasanya dalam 60 hari harus dikembalikan,kalau tidak aparat hukum yang masuk.

Makanya kami berupaya agar lebih dari 77 persen dan ini sudah diteruskan kepada Kepala Inspektur pada Inspektorat Kabupaten Teluk Bintuni agar mengkoordinir agar bisa mencapai 77 persen lebih.

Sehingga menurut saya,dari hasil Opini WTP yang dicapai hari ini,berarti semua sudah bekerja terlepas dari kekurangan kekurangan yang ada.Namun,pada umunya Bintuni lebih baik karena tidak mudah mempertahankan Opini WTP”kata Bupati

Lebih lanjut menuurtnya,walaupun Opini WTP seharusnya setingkat dengan kesejahteraan masyarakat,namun ini menjadi tantangan kita semua kedepan.Yang paling penting adalah pencapaian visi dan misi bisa terwujud dan itu merupakan tugas dari  OPD.

Saya juga memberikan apresiasi kepada teman teman OPD semua, karena kita sudah memberikan sesuatu yang baik dan harus ditingkatkan.

Besar harapan saya, semua OPD mengunakan anggaran dengan baik sesuai dengan ketentuan dan proses mulai dari tahap perencanaan,penganggaran sampai pelaksanaan dan monitoring,semuanya itu harus dilakukan agar jangan salah jalan,”harap Bupati

Turut hadir dalam Penyerahan Laporan Hasil Pemeriksaan BPK RI, Kepala Inspektur,Plt BPKAD dan Ketua DPRD Teluk Bintuni(pw)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.