Bisnis Serai Wangi Menjanjikan,Sujono Prakarsai Usaha Minyak Atsiri di Bintuni

Bagikan berita ini

Bintuni,sorotpapua.net –Komoditas serai wangi merupakan komoditas tumbuhan tropis yang bisa diolah menjadi berbagai bentuk,baik sebagai teh hingga diekstrak minyak.

Komoditas serai wangi bukan hanya mempunyai banyak manfaat tapi juga memiliki peluang usaha yang menjanjikan.Apalagi saat ini Indonesia adalah pemasok minyak serai wangi kedua di dunia setelah RRC.

Melihat potensi bisnis serai wangi tersebut,maka Anggota DPRD Kabupaten Teluk Bintuni,Sujono memprakarsai usaha minyak serai wangi di kabupaten Teluk Bintuni.

Saya mengajak masyarakat agar lebih meningkatkan usaha yang sifatnya kemandirian , selama ini hanya berharap dari APBD atau proyek dari Pemerintah sehingga  ingin menciptakan kemandirian yakni membentuk koperasi atau usaha usaha kecil.

Untuk mewujudkan usaha serai wangi,maka dari tahun 2021 kemarin,kami bersama masyarakat sudah menanam serai wangi di Sp 3 Distrik Manimeri untuk dijadikan sebagai bahan baku minyak atsiri.

Anggota Dewan asal partai Perindo itu menyebutkan bahwa,tanaman serai wangi merah ia datangkan dari Bogor.Dan untuk mengembangkan usaha tersebut, Sujono mengeluarkan dana pribadi sebesar 250 juta untuk mendatangkan alat penyulingan minyak”terang Sujono

Lebih lanjut dijelaskan Sujono,insyallah kami targetkan dalam tahun ini juga usaha minyak atsiri dari komoditas serai wangi akan terwujud.Karena dalam waktu dekat mesin penyulingan akan tiba di Bintuni.

Ia mengaku memang bukan dari dapil I , tapi mencoba untuk membuat sebuah koperasi atau badan usaha yang mengelola hasil pertanian yaitu minyak aksiri . Pria murah senyum yang menenyam pendidikan dari SD sampai SMA di kota Ambon tersebut tersebut mengatakan,minyak aksiri yang akan digeluti ini dari bahan baku tanaman serai merah.

Kalau dibandingkan tanaman sayur disaat panen raya sulit dipasarkan,tapi serai wangi masuk dalam Komoditi ekspor .Sehingga berapapun banyaknya tetapi laku dipasaran

Untuk pemasaranya kata Sujono,akan dijual ke Surabaya,namun kalau  kapasitasnya sudah banyak apa salahnya akan dijual ke luar negeri.Jadi keuntungan usaha ini yaitu, berapapun ton pasti akan terjual karena kami sudah memilki jaringan pemasaranya

Kita berharap kedepan Kabupaten Teluk Bintuni memiliki ikon atau tanaman unggulan agar masyarakat terpacu untuk membudidayakan tanaman itu sehingga masyarakat tidak perlu tergantung lagi dari APBD.

Dan hal ini kami sudah sampaikan ke Perindagkop dan juga melakukan lobi-lobi ke pemerintah provinsi dan pemerintah memberikan respon dengan baik.

Sereh wangi bisa dijadikan minyak urut. Komoditi untuk minyak atsiri sereh wangi merupakan bahan alami yang mudah terurai sehingga aman terhadap lingkungan dan produk pertanian. Selain itu mudah didapatkan di pasar karena banyak usaha rumah tangga yang bergerak dalam bidang produksi minyak atsiri sereh wangi, memiliki harga yang relatif lebih murah dibanding dengan bahan pestisida sintetik, serta mudah dalam pengaplikasian sehingga dapat dilakukan oleh setiap orang.

Tanaman sereh wangi termasuk golongan rumput-rumputan yang disebut Andropogon nardus atau Cympogon nardus. Genus Cympogon meliputi hampir 80 species, tetapi hanya beberapa jenis yang menghasilkan minyak atsiri yang mempunyai arti ekonomi dalam perdagangan”tutup Sujono(pw)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.