Aksi Damai Para Kadistrik di Depan Bapelitbangda Bintuni Melanggar UU Administrasi Pemerintahan

Bagikan berita ini
Yohanis Akwan,SH
Yohanis Akwan,SH

Bintuni,sorotpapua.net – beberapa hari lalu, para Kepala Distrik se-Kabupaten Teluk Bintuni melakukan aksi damai terbuka di depan Kantor Bapelitbangda,mereka kecewa karena selama ini hasil Musrenbang tingkat Distrik tidak pernah diakomodir.

Menangapi aksi damai tersebut,Pemerhati Pembangunan yang juga Kuasa Hukum Pemerintah Daerah Teluk Bintuni,Yohanis Akwan menegaskan” ada larangan bagi Aparatur Sipil Negara (ASN)memprotes kebijakan instansi atau atasannya secara terbuka.

Sebab hal tersebut telah diatur dalam Undang-Undang (UU) Administrasi Pemerintahan, yaitu UU Nomor 30 Tahun 2014, dan Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 68 Tahun 2002.

“Kalau tidak salah, tentang disiplin PNS, ada ketentuannya. Dia harus loyal, katakanlah menghargai. Hal itu diatur detail, termasuk tidak membantah perintah atasan selama berada dalam koridor-koridor organisasi”ujar Akwan kepada sorotpapua.net via tellepon,Sabtu(12/3/2022)

“Jadi, kalau atasannya, anggaplah tidak sesuai dengan pandangannya, maka dia (pegawai) tidak boleh mengoreksinya dengan terbuka.Intinya protes beberapa kepala distrik di depan kantor Bappelitbangda sangat tidak bagus dan  melanggar etika pemerintahan sebagai mana aturan diatas.

“Sehingga menurut saya, tidak ada ruang bagi Aparat Sipil Negara untuk melakukan demo atau aksi yang memprotes atau mengoreksi keputusan atasannya secara terbuka”.

“Jadi, kalau aparatur sipil negara itu ada aturan-aturan displin, ada ketentuan tentang kepegawaian, ada kode etik. Dia tidak bisa seenaknya sendiri mengoreksi atasan. dia terkait kebijakan didalam lingkup perencanaan Pembangunan”tegas Akwan(pw)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.