Bagian Hukum SETDA  Teluk Bintuni Diminta Mempercepat Penerbitan SK Kepala Kampung Hasil Pemilihan 2021

Bagikan berita ini

Bintuni,sorotpapua.net – Kepala Distrik Moskona Utara,Efradus Orocomna, S.IP, M.Si meminta Bagian Hukum Setda Kabupaten Teluk Bintuni mempercepat penerbitan SK Kepala Kampung terpilih hasil Pemilihan Kepala Kampung se-Kabupaten Teluk Bintuni Tahun 2021.

“Atas nama seluruh Kepala Distrik se-Kabupaten Teluk Bintuni kami berharap Bagian Hukum mempercepat penerbitan SK Kepala Kampung hasil pemilihan” ujar Kepala Distrik Moskona Utara

Berita Acara Kepala Kampung terpilih sudah diserahkan kepada Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Kampung, selanjutnya diberikan ke Bagian Hukum untuk di proses tetapi belum diterbitkan SK nya, maka kami mengharapkan sekali lagi untuk segera diterbitkan agar Kepala Daerah atau pejabat yang ditunjuk bisa segera melantik Kepala Kampung terpilih” ujar alumni STPMD “APMD” ini .

Karena menurut Efradus Oroconma, perlu percepatan penerbitan SK dan segera dilaksanakan pelantikan sebelum pencairan Dana Desa.  Selain itu, pelantikan Kepala Kampung perlu segera dilaksanakan agar tidak terjadi konflik antara Penjabat (Pj) Kepala Kampung dan Kepala Kampung terpilih terkait penyelenggaraan pemerintahan dan pengelolaan keuangan kampung.

Sementara itu, Kepala Bagian Administrasi Pemerintahan Umum Setda Kabupaten Teluk Bintuni, Rheinhard C. Maniagasi, S.STP mengatakan, “telah dilaksanakan pemilihan kepala kampung di distrik Kuri, Meyado, Moskona Baray, Moskona Utara, Manimeri, Tuhiba dan Bintuni pada Tahun 2021. Dokumen hasil pemilihan Kepala Kampung sudah diserahkan oleh Panitia Pemilihan Kampung melalui Kepala Distrik kepada Kepala Bidang Administrasi Pemerintahan Kampung pada DPMK untuk berkoordinasi dengan Kepala Bagian Hukum pada Setda. Kabupaten Teluk Bintuni guna diproses penerbitan SK Kepala Kampung Terpilih yg akan dilanjutkan dengan pelantikan oleh Bupati, Wakil Bupati atau Pejabat yang didelegasikan kewenangan”.

Alumni IPDN ini mengatakan “berdasarkan koordinasi dengan Kabid. Administrasi Pemkamp dan Kabag. Hukum, dijelaskan bahwa SK. Kepala Kampung Terpilih menunggu pengesahan dari Bupati Teluk Bintuni dan petunjuk pelaksanaan pelantikan oleh Bupati Teluk Bintuni”.

“Kami berharap proses administrasi terkait SK Kepala Kampung Terpilih bisa segera selesaikan dan jika ada kendala bisa di diskusikan agar Kepala  Kampung Terpilih bisa segera dilantik mengingat sudah hampir 1 (satu) tahun sejak dokumen hasil pemilihan kepala kampung diserahkan. Selain itu, melalui pelantikan Kepala Kampung Terpilih, kita mengantisipasi potensi konflik di kampung yang berhubungan dengan pemilihan kepala kampung” tutup Rheinhard Maniagasi (pw)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.