Warga Apresiasi Langkah Cepat Kepala BPBD Teluk Bintuni di Lokasi Tanah Longsor

Bagikan berita ini

Bintuni,Sorotpapu.net – Akibat curah hujan yang terjadi di Ibukota Teluk Bintuni, mengakibatkan musibah tanah longor menimpah dua rumah di Kompleks Rempus,Rabu(7/7/2021) lalu

Kepala Badan Penangulangan Bencana Daerah(BPBD) Kabupaten Teluk Bintuni,Melianus Naa,SH kepada Sorotpapua.net mengungkapkan,sebelum tanggal 7,terjadi curah hujan yang cukup lebat dalam beberapa hari dan biasanya berselang beberapa hari terjadi tanah longsor.

“Saat hujan redah,warga sempat melihat keretakan tanah dari atas,karena musibah longsor seperti ini sudah pernah terjadi di tahun 2019.Memang PUPR sudah pernah mengerjakan dengan bagus tetapi dalam proses pengerjaan tersebut tidak dilakukan secara keseluruhan sehingga saat terjadi hujan,terjadilah tanah longsor”.

Nah,kejadian tanah longsor kemarin,menimpah rumah pak lokdon dan mama Way.Kedua rumah ini sudah pernah dibangun oleh pemerintah karena tertimpah tanah longsor,”ujar Melianus Naa.

Lebih lanjut dikatakan Melianus Naa,tanggal 8 kemarin,kami mendapatkan laporan dari warga bahwa terjadi tanah longsor.Namun,saat dilapangan kami sempat mendapatkan ancaman tetapi sebagai aparat dan pelayan masyarakat harus bertangungjawab untuk menyelesaikan permasalahan.

Salah Satu Rumah Warga Yang terkena Longsor
Salah Satu Rumah Warga Yang terkena Longsor

Kegiatan pencegahan ini sudah dilakukan dua hari dan ditargetkan akan rampung dalam tiga hari.Setelah tiga hari kalau tidak ada perkembangan,kami akan kembali melaporkan kepada Bupati bagaimana tahapan kedua.

Pada intinya kata Melianus Naa,BPBD sudah melakukan aksi dilapangan.Jadi intinya target kami selesai dalam tiga hari.

Untuk itu,kami berharap agar warga tidak boleh melakukan aktifitas yang akan mengakbatkan terjadinya tanah longsor seperti,pengalian,pembukaan lahan dan Pembangunan rumah yang tdak sesuai prosudur,”,

Kami juga berharap Dinas Pertanahan dan LH melakukan rehaboisasi dilokasi ini agar mencegah terjadinya bencana banjir dan tanah longsor”harap Melianus Naa.

Salah Satu Rumah Warga Yang terkena Longsor
Salah Satu Rumah Warga Yang terkena Longsor

Sementara itu,Decky Hosyo salah satu Pemuda di Kompleks Rempus mengapresiasi langkah cepat yang dilakukan oleh Kepala BPBD kabupaten Teluk Bintuni yang langsung turun ke tempat musibah longsor.

Kita berharap dengan adanya aksi ini bisa mengatasi banjir ataupun tanah longsor disini,”harap Decky Hosyo(mir)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *