Sah! MK Tolak Permohonan Ali Ibrahim Bauw dan Yohanis Manibuy

Bagikan berita ini

Jakarta,SorotPapua.net – Mahkamah Konstitusi(MK) menolak permohonan Pasangan Calon Nomor Urut 1,Ali Ibrahim Bauw dan Yohanis Manibuy(AYO)dalam perkara Nomor 95/PHP-BUP-XIX/2021 pada persilisihan Pilkada Teluk Bintuni Tahun 2020.

Sebelum membacakan amar putusan,9 Hakim Mahkamah Konstitusi melakukan rapat pemusyawaratan.Ke-9 Hakim tersebut diantaranya, Anwar Usman selaku ketua merangkap anggota,Aswanto,Arief Hidayat,Saidi Isra,Manahan M.P Sitompul,Suhartoyo,Daniel Yusmic P,Foekh,Wahidin Adams dan Eni Nurbaningsih.

Dalam amar putusan yang dibacakan Hakim Konstitusi,Anwar Usman ditegaskan bahwa,”MK tidak memiliki keyakinan bahwa dalil pemohon yang demikian berpengaruh terhadap syarat pasal 158.Sehingga adapun dalil lain dan selebihnya tidak dipertimbangkan oleh MK.

Bupati Terpilih Ir.Petrus Kasihiw.MT dan Kuasa Hukum Saat Mengikuti Sidang Secara di MK Secara Vicon
Bupati Terpilih Ir.Petrus Kasihiw.MT dan Kuasa Hukum Saat Mengikuti Sidang Secara di MK Secara Vicon

Dengan demikian, Mahkamah berpendapat dalil dan alat bukti yang diajukan pemohon tidak cukup untuk mengimbangi pasal 158 ayat(2) huruf a UU Nomor 10 Tahun 2016.

Menimbang bahwa berdasarkan seluruh pertimbangan di atas,maka meskipun MK berwewenang memeriksa permohonan aqu dan permohonan masih dalam tengang waktu,namun pemohon tidak memenuhi persyaratan sebagaimana dalam pasal 158 ayat(2)huruf a UU Nomor 10 Tahun 2016.

Dengan demikian, dalam amar putusan yang dibacakan menyatakan ekspesi termohon dan ekspesi pihak terkait berkenan dengan kedudukan hukum pemohon beralasan menurut hukum.

Serta menyatakan pemohon tidak memiliki kedudukan hukum.Sehingga dalam pokok permohonan menyatakan permohonan pemohon tidak dapat diterima,”tegas Anwar Usman(pw)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *