Tahun 2020,Pemkab Teluk Bintuni Bantu Pembangunan 80 Sarana Ibadah

Bagikan berita ini

Bintuni,SorotPapua.net – Walaupun bangsa ini masih dilanda virus corona,namun komitmen Petrus Kasihiw dan Matret Kokop dalam membantu Pembangunan sarana ibadah melalui 10 persen murni APBD Teluk Bintuni sampai sekarang masih dijalankan.

Ini terlihat saat Bupati menyerahkan secara simbolis dana keagamaan bagi perwakilan organisasi keagamaan di Gedung Serba Guna(GSG)Selasa(22/9/2020).

Kepala BPKAD Teluk Bintuni,Herman Kayame saat menyampaikan laporanya mengatakan, di tahun 2020 ini pemerintah daerah membantu 80 unit rumah ibadah dengan total nilai 26 miliar,800 juta rupiah.

Dengan rincian, untuk sarana ibadah Umat Muslim sebanyak 24 unit yang terdiri dari Masjid dan Mushola.Katolik 7 unit, GPDI 10 unit,GBI 9 unit,GBJA ada dua unit.Selanjutnya GKI 18 unit  dan Advent 1 unit Gereja.

Selain itu, pemda juga memberikan bantuan penunjang kepada dominasi keagamaan,baik itu GKI,Katolik,Islam,Hindu,Advent dan lain lain dengan total 9 miliar,575 juta.

Jadi, tidak sampai disitu,pemda juga memberikan bantuan dana koordinasi rohaniwan pekerja rumah ibadah sebesar 2 miliar,70 juta. Dana ini akan diatur oleh oragniasi keagamaan,”jelas Herman Kayame.

Ditambahkan, bantuan pembangunan dan penunjang yang dibagikan secara simbolis hari ini tersebar di 28 Distrik.

Sementara,Bupati Teluk Bintuni Ir.Petrus Kasihiw.MT mengatakan, yang menentukan nilai bantuan ini adalah tim keagamaan bukan Bupati dan Wakil Bupati.

Namun, kami tidak mengharapkan sarana ibadah jangan menjadi plat merah karena semuanya dibangun oleh pemerintah.Pemerintah hanya membantu sebagian perencanaan dari panitia Pembangunan sarana ibadah.

Semua kegiatan keagamaan kata Bupati sudah dilaksanakan, hanya tour agama yang belum.Sudah ada SK Bupati terkait 15 orang yang hendak umroh dan 15 dari Kristen yang ke tanah suci,namun karena pandemi sehingga masih tertunda.

Harapan kami, semua program terkait keagamaan ini akan terus berlanjut dalam masa masa kepemimpinan kami,”harap Bupati(mir/pw)

 

 

 

 

1 Komentar

  1. P M K 2 adalah calon yg terbaik 👍👍👍😁✌✌✌

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *