Gubernur Resmi Terbitkan Kode Registrasi 145 Kampung Persiapan di Kab Teluk Bintuni

Bagikan berita ini

Bintuni,SorotPapua.net- Gubernur Papua Barat,Drs.Dominggus Mandacan resmi menerbitkan kode registrasi 145 kampung persiapan di Kabupaten Teluk Bintuni.

Surat penerbitan bersifat penting tersebut bernomor 146.2/697/GPB/2020 diserahkan saat Hari Ulang Tahun Kabupaten Teluk Bintuni ke- 17 tahun tanggal 9 Juni 2020 lalu.

Penerbitan kode registrasi ini berdasarkan Undang Undang Nomor 23 Tahun 2014 Tentang Pemerintahan Daerah sebagaimana telah diubah beberapa kali dengan UU Nomor 9 Tahun 2015 Tentang Perubahan kedua atas UU Nomor 23 Tahun 2014 Tentang Pemerintahan Daerah.

UU Nomor 6 Tahun 2014 Tentang Desa, Peraturan pemerintah nomor 43 tahun 2014 tentang peraturan pelaksanaan UU Nomor 6 Tahun 2014 Tentang Desa. Peraturan Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia Nomor 1 Tahun Tahun 2017 Tentang Penataan Desa. Serta peraturan Bupati Teluk Bintuni Nomor 17 tahun 2019 tentang Pembentukan 145 kampung persiapan di kabupaten Teluk Bintuni.

Selain itu, juga menindaklanjuti Surat Bupati Teluk Bintuni Nomor 050//01/BUP-TB/1/2020 Tanggal 13 Januari 2020 Perihal permohonan penerbitan kode registrasi desa/kampung persiapan di Kabupaten Teluk Bintuni.

Surat Bupati Teluk Bintuni Nomor 140/082//BUP-TB/2020 tanggal 28 Mei 2020 perihal Asistensi usulan pemekaran kampung di Kabupaten Teluk Bintuni,serta memperhatikan hasil peninjauan lapangan yang dilakukan oleh tim asistensi yang terdiri dari unsur pemerintah Papua Barat dan unsur pemda Teluk Bintuni.

Kepala Bagian Administrasi dan Pemerintahan Umum Setda Teluk Bintuni,Reinhard.C Maniagasi.S.STP menyebutkan, setelah penerbitan kode registrasi, proses selanjutnya adalah penetapan peta kampung induk dan kampung persiapan.

“Dilanjutkan dengan Validasi data penduduk kampung persiapan,Penyusunan kajian oleh Tim Kampung Persiapan,Bupati menyusun Rancangan Peraturan Daerah tentang pembentukan kampung,”

Proses berikut lagi kata Rein, dibuat Rancangan Peraturan Daerah tentang pembentukan kampung yang akan dibahas dan disetujui bersama oleh DPRD,Rancangan Peraturan Daerah tentang pembentukan kampung disampaikan kepada Gubernur untuk dievaluasi.

Setelah diveluasi dan disetujui oleh Gubernur, Rancangan Peraturan Daerah tentang pembentukan kampung  ditetapkan oleh Bupati bersama DPRD Teluk Bintuni menjadi Peraturan Daerah tentang pembentukan kampung,”kata Rein

Jadi,proses agak lama adalah pembuatan peta karena harus memastikan koordinat ke lapangan dan kampung pemekaran yang banyak, sehingga konsultan pemetaan memberikan estimasi waktu untuk penyelesaian peta 3-5 bulan,”

Kita semua berdoa dan berharap semuanya berjalan dengan lancar sehingga kerinduan masyarakat yang begitu lama segera terobati dengan definitifnya 145 kampung,”harap Rein(pw)

1 Komentar

  1. Kpn Register kampung pemakaran dalam bulan Agustus ka?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *