DPRD Teluk Bintuni Sahkan Peraturan DPRD Tentang Kode Etik dan Tata Beracara Badan Kehormatan

Bagikan berita ini

Bintuni,SorotPapua.net – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Teluk Bintuni menyelenggarakan sidang paripurna pengesahan peraturan DPRD tentang kode etik dan tata beracara Badan Kehormatan DPRD Teluk Bintuni tahun 2020 di aula sidang utama DPRD,Selasa(30/6/2020).

Ketua DPRD Teluk Bintuni,Simon Dowansiba,SE dalam sambutanya mengatakan,penyusunan kode etik dan tata beracara Badan Kehormatan bertujuan untuk:

  1. Untuk menjaga kehormatan, martabat,citra pimpinan dan/ anggota DPRD dalam melaksanakan fungsi, tugas dan wewenang serta tangunggjawabnya kepada Negara,masyarakat dan konstituenya.
  2. Sebagai pedoman bagi Badan Kehormatan untuk melakukan tindakan terhadap pengaduan atas peristiwa yang diduga dilakukan oleh Pimpinan dan Anggota DPRD.

Dan untuk melaksanakan tugas tersebut,Anggota DPRD Teluk Bintuni telah menyusun kode etik yang berlaku secara internal,bersifat mengikat serta wajib dipatuhi oleh setiap anggota DPRD dalam menjalankan tugasnya selama di dalam ataupun diluar gedung DPRD kab Teluk Bintuni,”kata Simon Dowansiba.

Lanjut Dowansiba, dalam prakteknya, fungsi Badan Kehormatan terhadap penegak kode etik di DPRD bertugas untuk melaksanakan pengawasan dan control terhadap DPRD,maka disini perlu adanya kode etik profesi untuk memberikan batasan guna menjaga profesionalitas Anggota DPRD agar tidak terjadi penyimpangan.

Dalam hal kode etik menurut Dowansiba,terwujud dalam tata tertib dank ode etik DPRD.Untuk menjalankan tugas dan wewenangnya, Badan Kehormatan memiliki pedoman beracara tersendiri. Tata tertib sebagai aturan normative di DPRD, Kode etik sebagai batas batas aturan main Anggota DPRD dan pedoman tata beracara,”tutup Dowansiba.

Sementara, Bupati Teluk Bintuni, Ir.Petrus Kasihiw.MT saat memberikan sambutanya mengatakan, dengan disahkanya 2 peraturan DPRD Kabupaten Teluk Bintuni hari ini, tentu akan dimaknai oleh Anggota DPRD dan kita semua bahwa,tata beracara oleh Badan Kehormatan yang merupakan salah satu alat kelengkapan DPRD, diharapkan sebagai pemicu untuk dapat lebih meningkatkan kinerja dari Anggota DPRD yang terhormat.

“Selaku Bupati, saya memberikan apresiasi yang tinggi kepada Anggota DPRD Teluk Bintuni yang telah mengesahkan dua buah produk hukum daerah, yaitu, peraturan DPRD tentang kode etik dan peraturan DPRD tentang tatacara beracara bagi Anggota DPRD Teluk Bintuni,”ucap Bupati

Hadir dalam sidang paripurna tersebut, Wakil II DPRD, Yohanes Pongtuluran,Plt Sekda,Drs.Frans Awak, Anggota DPRD Bintuni dan Pimpinan OPD dilingkup pemda Teluk Bintuni(amir/pw)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *