5 Puskesmas Bertaraf Nasional Dibangun Oleh Dinkes Kabupaten Teluk Bintuni Sepanjang 2019 – 2020

Bagikan berita ini

Bintuni,SorotPapua.net- Pusat Kesehatan Masyarakat(Puskesmas)merupakan salah satu sarana pelayanan kesehatan masyarakat yang sangat penting di Indonesia secara khusus di Kabupaten Teluk Bintuni.

Masalah yang sering muncul adalah pertanyaan tentang kualitas pelayanan di Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama(FKTP)Puskesmas, karena akan mempengaruhi indicator pelayanan secara keseluruhan.

Menyadari akan hal itu, maka Pemerintah daerah Kabupaten Teluk Bintuni melalui Dinas Kesehatan secara perlahan lahan terus menambah sarana kesehatan di tingkat Distrik.Tahun 2019 dan 2020, Dinkes membangun 5 Puskesmas bertaraf nasional.

Kepala Dinas Pendidikan Teluk Bintuni, Franky.D.Mobilala.SKM.M.Kes saat bincang bincangnya dengan SorotPapua.net di kediamanya mengatakan,tahun kemarin(2019)sudah dibangun 3 puskesmas di Distrtik Merdei,Tembuni dan Moskona Utara.

“Sedangkan tahun 2020 kita bangun 2 puskesmas di Distrik Manimeri dan Tofoi,yang mana bapak Bupati sudah meletakan batu pertama dimulainya Pembangunan  puskesmas ini,”

Kelima Puskesmas ini tipe yang sama dan bertaraff nasional.Kita berharap Pembangunan kedua puskesmas ini berjalan lancar sehingga tahun ini juga selsai pembangunanya,”kata Mobilala.

Ketika disingung terkait tenaga dokter, menurut Mobilala,ada 29 tenaga dokter yang sudah tersebar di seluruh puskesmas di wilayah Kab Teluk Bintuni. Kecuali,ada tiga Distrik yang belum ada tenaga dokter, yakni Puskesmas Fafurwar,Moskona Utara dan Moskona Timur.

Namun sebenarnya kata Mobilala, sudah ada tenaga dokter yang akan mengisi ketiga puskesmas ini, tapi masih terkendala Covid-19 yang mengakibatkan karantina wilayah. Untuk itu, harapan kami setelah karantina wilayah dibuka, maka dokter dokter ini ke Bintuni untuk mengisi ketiga Puskesmas tersebut.

Jadi, kalau tiga puskesmas ini sudah di isi tenaga dokter, maka semua Puskesmas di kabupaten Teluk Bintuni sudah lengkap dengan tenaga dokter,”pungkas Mobilala.

Bupati Saat Meletakan Batu Pertama Pembangunan Puskesmas Tofoi
Bupati Saat Meletakan Batu Pertama Pembangunan Puskesmas Tofoi

Sementara itu, Bupati Teluk Bintuni, Ir.Petrus Kasihiw.MT dalam sambutanya saat meletakan batu pertama Pembangunan puskesmas di Tofoi mengucap sykur karena tahun ini ada dua puskesmas yang dibangun.

“Tahun kemarin(2019-red) sudah dibangun 3 Puskesmas dengan tipe yang sama.Saya perintahkan Dinas Kesehatan dan Distrik agar berkoordinasi dengan Dinas Pertanahan dan Lingkungan Hidup terkait penyelesaian tanah masyarakat sesuai prosudur yang ada,”ujar Bupati

Jangan sampai terlupakan, karena biasanya hal hal seperti ini kita diingatkan kembali saat masyarakat melakukan pemalangan. Maka sekali lagi, segera diselesaikan.

Lebih lanjut, menurut Bupati, kesehatan itu sangat penting, sehingga apa yang kita saksikan hari ini sangat penting bagi anak dan cucu kedepan.

Ditambahkan, Puskesmas ini harus dikelola oleh masyarakat setempat, maka pemda akan mempersiapkan dengan mengirim mereka untuk mengikuti pendidikan. Karena ketika Puskesmas ini sudah lengkap dengan unit unit layananya, maka kita juga sudha siap dengan SDM,’tutup Bupati(ped)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *